Sejarah Penelusuran Gua





Sejarah penelusuran gua dimulai di Eropa sejak 200 tahun lalu.Eksplorasi pertama yang tercatat dalam sejarah adalah tanggal 15 Juli 1780.Ketika itu Louis Marsalliers menuruni gua vertikal Fairies di Languedoe,Perancis.


Kemudian pada tanggal 27 Juni 1888,seorang ahli hukum dari Paris bernama Eduard Alfred Martel mengikuti jejak Marsalliers. Penelusuran kali ini direncanakan lebih matang dengan menggunakan peralatan lengkap , seperti katrol,tangga gantung dan perahu kanvas yang pada waktu itu baru diperkenalkan oleh orang2 Amerika.Bahkan telepon yang baru diperkenalkan juga digunakan untuk komunikasi didalam tanah.Usaha Martel ini dianggap sebagai revolusi dibidang penelusuran gua,sehingga ia disebut sebagai " bapak speleologi modern".

Prestasi Martel juga ,dalam hal memetakan gua yang merupakan kewajiban seorang penelusur gua ketika ia melakukan eksplorasi gua. Antara tahun 1888 sampai 1913 ,Martel telah banyak memetakan gua dalam setiap penelusurannya.Ini digunakan untuk kepentingan ilmiah dan untuk merekam kedalaman serta panjang gua2 tsb.

Ketika perang dunia II selesai,kegiatan penelusuran gua memunculkan kembali dua orang tokoh,Robert de Jolly dan Norman Casteret.De Jolly merupakan pembaharu dibidang peralatan penelusuran gua,seperti tangga gantung dari alumunium dan perahu kanvas yang lebih sempurna.Penemuannya ini menjadi standar bagi penelusur gua hingga 50 tahun kemudian.

Sedangkan Casteret menjadi pioner dibidang" cave diving". Usahanya ini dilakukan pada tahun 1922 ,ketika Casteret pertama kali menyelami lorong2 yang penuh air di gua Montespan tampa bantuan peralatan apapun.Dalam perjalanannya Casteret sempat menerbitkan karangan dalam bentuk buku dengan judul2 a.l : " My Cave dan "Ten Years Under Ground",yang kemudian menjadi buku pegangan bagi para penggemar cave diving dan ahli speleologi.

Kebanyakan penelusur gua memulai kegiatannya sebagai pemanjat tebing,karena kegiatan yang dilakukan hampir serupa. Para pemanjat tebing pula yang memberikan inspirasi bagi perkembangan penelusuran gua .Frech Alpine club, sebuah perkumpulan pendaki gunung ternama di Eropa telah mengadakan ekspedisi awah tanah, dan untuk pertama kalinya menggunakan tali sebagai pengganti tangga gantung.Kelompok ini pula yang menciptakan rekor penurunan gua sedalam 608 m.

Sejarah penelusuran gua sejalan dengan penelitian gua ( Speleologi )
Kedua kegiatan ini tak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya.Hal ini pulalah yang dilakukan oleh Eduard Alfred Martel , Robert de Jolly ,Norman Casteret dan banyak penelusur gua lainnya.



Responses

0 Respones to "Sejarah Penelusuran Gua"

Posting Komentar

 

Return to top of page Copyright © 2012 | Satgana Unai